Hanya 20% waktu kita yang menghasilkan dan 80% lainnya waktu kita terbuang sia-sia”.
(Vilfredo Pareto,1848-1923)
Manajemen adalah suatu rangkaian perencanaan,pengorganisasian, implementasi dan kontrol dalam bekerja. Istilah manajemennya sering disebut dengan POAC (Planning Organizing,Actuating dan Controling). Sedangkan waktu adalah kondisi yang lamanya 24 jam dan ditandai dengan siang dan malam.
  • Hemat Waktu
Ada nasehat yang mengatakan bahwa sebaiknya selesaikan pekerjaan kecil sesegera mungkin sehingga nantinya menumpuk menjadi pekerjaan yang besar. Salah satu upaya menggunakan waktu yang efektif adalah dengan menghargai prinsip pokok waktu. Robert Fritz dalam bukunya “the path of least resistance” mengemukakan bahwa melakukan sesuatu pada saat itu juga merupakan hal yang paling penting. Contoh sederahana soal makan siang,jika waktu makan siang sudah tiba dan kita tidak segera melakukannya kita akan menanggung akibatnya,jatuh sakit misalnya. Tentunya pekerjaan akan dilakukan akan terbengkalai karena tertunda.
  • Mitos Seputar Manajemen Waktu
Manajemen waktu merupakan hal penting dalam melakukan pekerjaan.Manajemen waktu pertama kali ditemukan oleh “Fredrick Taylor dan Frank Gilbert”. Manurut mereka dalam industri tidak diperkenankan adanya waktu menganggur bagi para pekerja,sehingga setiap aktivitas yang dilakukan tenaga kerja bernilai bagi perusahaan dan teori ini sudah dipraktikan secara luas dikalangan industri. Bekerja lebih cerdas bukan berarti bekerja lebih keras,namun bekerja lebih secara efektif dan efesien. Dalam hal ini saya mengambil kesimpulan bahwa:
  1. Waktu yang dimiliki setiap orang sama yaitu 24 jam. Tetapi tidak semua orang memiliki cara yang sama dalam menggunakannya.
  2. Waktu akan memacu semua orang bekerja dengan produktivitas tinggi tetapi produktif justru membuat semua orang menjadi hidup dalam kondisi tidak natural.
  3. Manajemen waktu berarti melakukan pekerjaan sesuai dengan skala prioritas,mulai dari yang “penting dan mendesak”,”penting tapi tidak mendesak”,”tidak penting tapi mendesak”,dan “tidak penting serta tidak mendesak”.
  4. Manejemen waktu merupakan gagasan utama untuk bekerja lebih cerdas dan bukan lebih keras.