Senin, 02 Januari 2012

Berilmu..lalu amalkan

Ini hari ke-2 di tahun 2012..
saya menemukan dunia baru dengan komunitas baru
waktu pertama kali saya duduk bersama mereka
terpikir" mungkin sayalah yang paling bodoh diantara mereka"
tapi itu tak masalah, saya ingin belajar.. ilmu ini bukan saya untuk koleksi
tapi insyaAlloh saya upayakan mengamalkannya...
jika suatu ilmu sudah pernah kita amalkan lalu kita mengalami manfaatnya
tentunya membuat saya yakin..ini ilmu yang benar
karena ilmu itu sendiri jenisnya banyak
tak semuanya ilmu bermanfaat..coba saja jika sudah diamalkan..lihat yang terjadi apakah bisa jadi lebih baik atau malah membuat kita menjadi buruk.

Saya ambil contoh pengalaman saya pribadi
dulu kiblat membaca saya majalah "Cosmopolitan"  majalah khusus wanita dengan slogan fun fearless female atau juga  slogannya smart, sweet & sexy...ya gitulahhh.
bagus banget  isi artikelnya..tapi itu membuat wanita menjadi bahan komoditas korban iklan, korban  fashion, korban paham materialisme..itu efek sampingnya tanpa sadar.

Namun ketika saya belajar akidah, tauhid..saya belajar kelembutan, belajar fitrah saya sebagai seorang wanita,sebagai hamba, sebagai ibu, sebagai istri, sebagai sahabat dan tetangga di lingkungan, dsb.
yup inilah ilmu yang materinya tak ada yang menandingi, sesuatu yang tak dapat ku tolak dengan argumen
logika manapun. Keabsahan ilmu ini sudah teruji di proses pecarian ilmu ku


Suatu kecintaan muncul, sehingga ketajaman hati memandang alam tak hanya sekadar fisik saja..tapi ada pemahaman yang jauh kebelakang..ya ini lah bumi dengan kumpulan energi, karena semua benda memiliki energi, dan pencipta itu yang Maha Kuasa..

mengapa ada gravitasi, mengapa ada gugusan bintang, ada garis orbit planet
ada banyak jenis hewan yang dapat terbang di udara, merayap, melata dengan perutnya,melayang di air dll
mengapa ada bentuk rambut, kulit dan bahasa yang berbeda beda..seperti di jawa saja ada 3 bahasa dengan  wilayah yang komunitas penduduknya berdekatan..ya itulah Rabb-ku yang memiliki kebesaran agar kita dapat berpikir akan betapa Hebatnya DIA ...dan kita bukan apa apa..dan jika kita  mau menggunakan akal...kita sadar akan fitrah keberadaan  kita di bumi.

ilmu inilah yang selalu mempertajam  kecerdasan kita sebenarnya. untuk mempelajari ilmu yang lainnya
sebab kita sering mengasah intelek spiritual kita maka hati dan pikiran kita kan bersih mampu menyerap ilmu dengan mudahnya..seraya berdoa "Ya Rabb, berilah hamba ilmu yang bermanfaat dan amalan yang diterima"
soo... Belajarlah mencari ilmu lalu amalkan...semoga itu jadi ibadah kawan
Walahu a'alam
(yang benar datangnya hanya dari Alloh & yang salah dari saya)