Selasa, 24 Januari 2012

SCIENCE IS MIRACLE, IF YOU KNOW IT!!

Membaca bukan hanya sekedar baca teks saja.
Sebaris kalimat demi kalimat dibaca dengan membayangkan, imaginasi kita harus jalan.
Ketika saya membacakan sejarah kepada anak saya (hadi), saya berusaha mendeskripsikan latar belakang tempat kejadian,alur cerita dan emosi para tokoh tokohnya di tempat kejadian.

sehingga ketika saya menjelaskan latar belakang proklamasi Bangsa Indonesia, seolah olah ada gemuruh di dada ini, saya ikut merasakan apa yang terjadi di masa itu, bagaimana pemuda pemuda Indonesia cerdas  masa itu mempergunakan masa kekosongan kekuasaan Jepang selama 2 hari, akibat kekalahan total jepang oleh tentara sekutu yang di ketuai Amerika, akibat 6 agustus 1945 Hiroshima di bom atom disusul 3 hari kemudian  kota Nagasaki..
lalu saya melantur cerita Jepang lebih dahulu membom pangkalan laut Amerika ,Pearl Harbour pada tahun 1942,karena masa itu jepang merasa macan Asia. membomnya dengan nuklir buah penemuan albert Einsten yang akhirnya ia menyesal di akhir hidupnya bahwa penemuannya itu lebih sering digunakan sebagai alat pembunuh masal.

kemudian saya melantur lagi cerita kenapa harus angkatan laut dulu yang diserang, karena untuk menguasai suatu negara kuasai dulu lautannya, maka daratan akan mudah di raih, seperti halnya kerajaan Sriwijaya maju berkembang dan kuat karena kuat pertahanan angkatan lautnya.
Disamping itu pula laut adalah gerbang pertama perbatasan utama suatu negara, makanya kita harus mengetahui batas teritorial, Zona Ekonomi Eklusif dll.
ohhhh... begitukan jika membaca dengan" rasa",semua bisa terhubung, karena ilmu ini ilmu sosial, ilmu ini berdiri karena ada keterkaitan ilmu yang lainnya.

Bayangkan bagaimana bisa paham jika cuma baca teks saja tanpa memakai logika yang terjadi pada saat ini lalu kaitkan dengan imaginasi mu pada peristiwa masa lampau.
Jadi taukan disekitarmu semua nya ilmu???

SCIENCE IS MIRACLE
IF YOU KNOW IT!!